09
Jan
09

EARTH GREATEST HITS

 

Para ahli geologi telah menemukan 139 kawah bekas jatuhnya komet dan asteroid. Beberapa cukup besar untuk membunuh lebih banyak kehidupan yang ada di bumi ini. Di antara yang terbesar adalah:

 

MANICOUAGAN – lokasi di Quebec, Canada. Kawah ini terbentuk sejak 212 juta tahun yang lalu.

manicouagan
 
Kawah Manicouagan yang terletak di Kanada utara ini adalah kawah bekas jatuhnya asteroid atau komet tertua yang pernah ditemukan di bumi. Kawah ini terbentuk akibat tabrakan yang luar biasa kira-kira 212 juta tahun yang lalu. Sekarang kawah ini telah rusak oleh glacier dan proses erosi lainnya. Namun batu keras pada situs tabrakan meteor ini telah mengawetkan struktur tabrakan yang kompleks sehingga memudahkan para ilmuwan untuk mempelajari ciri-ciri tabrakan besar di bumi dan anggota tatasurya lainnya.

KARA-KUL – berlokasi di Tajikistan. Terbentuk lebih dari 10 juta tahun yang lalu.

kara-kul

Kara-kul atau Qorakul adalah sebuah danau yang terbentuk akibat jatuhnya sebuah meteor di pegunungan Pamir di Tajikistan. Danau ini berdiameter 25 kilometer dengan kedalaman 230 meter. Kawah yang terbentuk akibat tabrakan meteor ini sendiri berdiameter sampai 45 kilometer. Tabrakan meteor ini terjadi lebih dari 10 juta tahun yang lalu. Struktur tabrakan meteor Kara-Kul sebelumnya tak pernah teridentifikasi sampai akhirnya ditemukan lewat studi gambar yang diambil dari ruang angkasa.

 

METEOR CRATER – Berlokasi di Arizona, AS. Terbentuk lebih dari 50.000 tahun yang lalu.

meteor_crater

Mungkin inilah kawah tabrakan meteor yang paling terkenal. Lokasi kawah meteor ini kira-kira 43 mil (69 km) di sebelah timur Flagstaff, dekat Winslow di bagian utara gurun Arizona Amerika Serikat. Situs ini dulu dikenal sebagai Canyon Diablo Crater (Ngarai kawah setan), dan para ilmuwan umumnya menyebutnya Barringer Crater sebagai penghargaan terhadap Daniel barringer yang pertama kali meyakinkan bahwa kawah tersebut dihasilkan oleh tabrakan meteor. Kawah ini secara pribadi dimiliki oleh keluarga Barringer via Barringer Crater Company mereka.

Meteor Crater terletak pada ketinggian sekitar 1740 meter di atas permukaan laut. Diameternya sekitar 1200 meter, dengan kedalaman 170 meter, dan dikelilingi tepian dengan ketinggian 45 meter di atas daratan sekelilingnya. Pusat kawah berisi 210-240 meter puing-puing yang tergeletak di atas dasar kawah.
Benda yang menyebabkan terjadinya kawah ini adalah meteor nickel-besi yang menabrak daratan dengan kecepatan beberapa kilometer per detik. Kecepatan tabrakan masih jadi subyek perdebatan. Meteor menabrak tanah pada sudut 80 derajat dari utara. Tabrakan tersebut menghasilkan ledakan besar yang setara dengan 2,5 megaton TNT – yaitu setara dengan sebuah ledakan thermonuklir dan kira-kira 150 kali hasil dari bom atom yang digunakan pada Hiroshima dan Nagasaki.

 

LONAR – berlokasi di Maharashtra, India. Terbentuk 52.000 tahun yang lalu.

crater_lonar

Kira-kira 52.000 tahun yang lalu sebuah batu meteor yang sangat besar jatuh dari luar angkasa dan menabrak permukaan daratan yang sekarang dikenal sebagai Lonar di Buldhana District Maharashtra, India, dengan kekuatan setara 6 megaton bom. Akibatnya, terbentuk sebuah kawah dengan diameter sekitar 1830 meter dengan kedalaman 150 meter. Dampak seperti itu dapat diperkirakan disebabkan oleh Meteor dengan panjang 60 meter dan berat 2 juta ton.

Kawah Lonar kini berisi air dan mengandung basalt. Air di danau yang terbentuk dalam kawah ini sangat asin, kira-kira sepuluh kali lipat lebih asin dibandingkan air minum biasa (pH=10,5). Danau Lonar dapat dibandingkan dengan kawah di bulan. Spesimen batu yang dibawa oleh para astronot Apollo sangat mirip dengan yang ditemukan di Lonar.

Saat menabrak Lonar, meteor terpecah menjadi tiga bagian dan membentuk tiga kawah. Satu adalah Lonar, dan dua lainnya dikenal sebagai Danau Ganesh dan Danau Amber. Dua danau ini telah mengering dan kurang menarik perhatian.

 

WOLF CREEK – Australia Barat. Terbentuk 300.000 tahun yang lalu.

wolfecreekaustralia

Wolf Creek adalah kawah akibat tabrakan meteor yang relative terpelihara dengan baik karena terkubur di bawah pasir yang dihembuskan angin. Kawah ini terbentuk kira-kira 300 tahun yang lalu dengan koordinat lokasi 19°10’S, 127°47’E.Tepian kawah ini berdiri 25 meter di atas daratan yang mengelilinginya dengan diameter 0,85 kilometer, dan dasar kawah 50 meter di bawah tepian. Sisa-sisa material besi yang telah teroksidasi ditemukan di Wolf Creek. (cibi)


0 Responses to “EARTH GREATEST HITS”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: